Makanan Baik Untuk Ibu Yang Hamil Muda

Posted by Debbie Laurencia 1.05.2013 0 komentar
Makanan Baik Untuk Ibu Yang Hamil Muda
Makanan Baik Untuk Ibu Yang Hamil Muda - Ada banyak mitos seputar diet untuk ibu hamil. Kita sering mendengar orang tua dari keluarga menasihati para ibu muda agar makan yang cukup untuk dua orang. Hari ini, kita tahu bahwa hal ini tidak benar. Bahkan, tak terkendali makan selama kehamilan dapat membuat Anda menambah banyak berat badan dan dapat membuat anak Anda kelebihan berat badan. Lalu makanan apa yang baik untuk ibu hamil?

Pertumbuhan janin berasal semua makanannya dari induknya melalui tali pusat. Oleh karena itu, sementara ibu tidak harus makan makanan yang cukup untuk dua orang, yang terpenting bahwa ia mengambil nutrisi yang cukup untuk dua orang. Jika ibu menderita kekurangan gizi, hal ini akan diteruskan kepada anak. Kekurangan gizi dini dapat menyebabkan sejumlah masalah perkembangan pada anak-anak.

Diet kehamilan harus kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Dokter merekomendasikan asupan enam sampai tujuh porsi roti dan biji-bijian, dua sampai empat porsi buah, empat sampai enam porsi sayuran, dua sampai empat porsi susu dan sekitar tiga porsi protein setiap hari. dan disarankan untuk memilih makanan yang kaya akan serat. Contoh makanan yang baik seperti sereal gandum, beras, buah-buahan dan sayuran hijau segar.

Kalsium sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Ingatlah untuk mengambil setidaknya empat porsi produk susu yang kaya kalsium. Ini akan memastikan bahwa Anda mendapatkan sekitar 1200 mg kalsium setiap hari. Diet ibu hamil harus kaya akan zat besi juga.

Vitamin C membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh ibu dan anak. Sumber penting dari vitamin C adalah buah sitrus, brokoli, kembang kol, pepaya, paprika hijau dan tomat. Vitamin A juga sama pentingnya seperti Wortel, ubi jalar, bayam, lobak, aprikot dan labu air yang mengandung banyak vitamin A.

Seorang ibu hamil harus selalu mengambil semua vitamin prenatal yang diresepkan nya. Ini adalah multivitamin yang dirancang khusus mengkompensasi ketidakseimbangan nutrisi atau kekurangan dalam diet ibu. Umumnya, ini mengandung zat besi, mineral, vitamin, asam folat dan kalsium. Kekurangan asam folat bisa menyebabkan cacat lahir yang serius pada bayi. Sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, buah jeruk dan kacang kaya akan asam folat alami, juga vitamin dan zat besi.

Sama seperti ada hal-hal yang harus disertakan dalam diet untuk ibu hamil, ada beberapa hal tertentu yang harus dihindari selama kehamilan seperti alkohol, kafein, gula surplus, kelebihan lemak dan daging mentah. Dianjurkan juga untuk menghindari keju lunak, makan ikan hiu, ikan todak dan mackerel yang terkandung merkuri tingkat tinggi di dalamnya.

Sebagian besar ibu hamil merasa mual dan kurangnya nafsu makan yang menyedihkan selama trimester pertama mereka. Pada tahap ini, mereka mungkin makan makanan kecil sepanjang hari.

Banyak wanita yang mengalami berat badan karena lemak tinggi saat hamil. orang hami sering kali merasa lapar dan suka mengidam apapu harus dituruti. Tetapi jika Anda ingin menjaga berat badan Anda di bawah kontrol dan menghilangkan kegemukan setelah melahirkan, maka, penting untuk makan makanan rendah kalori dan tinggi nilai gizinya.

Untuk mempertahankan kesehatan tubuh dan tumbuh kembang janin, berikut ini dijelaskan zat-zat gizi yang diperlukan seorang ibu hamil :

  • Karbohidrat Untuk proses tumbuh kembang janin sangat diperlukan karbohidrat, seorang wanita hamil membutuhkan 285 kilokalori perhari. Karbohidrat dapat diperoleh dari jagung, roti, mie, nasi, kentang dan ubi.
  • Protein Untuk pembentukan jaringan tubuh bayi dan penambahan jaringan tubuh ibu sangat diperlukan protein. Pada keadaan normal seorang manusia memerlukan protein sebanyak satu gram perkilo gram berat badannya sedangkan untuk wanita hamil memerlukan protein sebanyak 12 gram. Protein bisa didapat dari daging, ikan, telur, kacang-kacangan, tahu dan tempe.
  • Zat Besi Plasenta pada ibu hamil sangat memerlukan zat besi. Bayi memperoleh oksigen dan zat-zat gizi dari makanan yang Anda konsumsi melalui plasenta. Anda juga akan kehilangan banyak darah pada saat persalinan, oleh karena itu seorang ibu hamil sangat membutuhkan zat besi yang  bisa didapat dari daging, hati, sayuran hijau.
  • Air Dalam keadaan normal Anda membutuhkan air sebanyak 2 liter atau 6 gelas perhari. Tetapi pada masa kehamilan, Anda membutuhkan air lebih banyak karena Anda akan sering buang air kecil dan berkeringat. Ibu hamil biasanya merasa mual apabila harus minum air putih lebih banyak. Jika itu terjadi, Anda bisa menggantinya dengan banyak minum jus buah.
  • Vitamin Ibu hamil sangat memerlukan vitamin pada masa kehamilan. Vitamin B6 untuk mengatur penggunaan protein oleh tubuh, vitamin B12 dan asam folat untuk pembentukan sel-sel darah, vitamin B1,B2 untuk menghasilkan energi. Vitamin ini dapat diperoleh melalui sayur-sayuran, buah, sereal, daging, ikan,susu, yoghurt, biji dan kacang-kacangan, hati dan telur. Vitamin D diperlukan karena dapat menyerap kalsium. Vitamin D dapat diperoleh dari sinar matahari, susu, yoghurt, dan mentega.

Makanan Baik Untuk Ibu Yang Hamil Muda

Makanan Untuk Perkembangan Otak Bayi


Setiap orang menyadari pentingnya diet sehat selama kehamilan. Adalah penting untuk memahami bahwa apa yang Anda makan dan cara Anda makan menentukan kesehatan dan kesejahteraan organ janin yang tengah berkembang, terutama otak.

Organ yang paling penting seperti jantung, otak, tangan, kaki, dll, mulai berkembang dari minggu ke-4 kehamilan. Namun, perempuan harus mulai mengkonsumsi makanan sehat segera setelah mereka tahu tentang kehamilan mereka.

Para ahli bahkan menganjurkan bahwa perempuan harus membuat perubahan pola makan yang tepat terlebih dahulu, ketika mencoba untuk hamil. Menurut para ahli, wanita hamil harus mengkonsumsi setidaknya 300 kalori ekstra sehingga baik ibu dan bayi yang belum lahir bisa mendapatkan jumlah yang cukup dari energi.

Hidangan laut

Karena semua dari kita sadar, seafood, terutama ikan berlemak, merupakan sumber alam yang sangat baik dari asam lemak omega 3 dan asam lemak DHA. Karena tubuh manusia tidak menghasilkan DHA, mendapatkan kedua zat dari sumber alami yang tersedia sangat penting untuk perkembangan otak awal janin.

Beberapa jenis ikan terbaik bahwa seorang wanita hamil bisa makan mencakup Atlantic salmon, ikan cod Pasifik, tuna (hindari tuna kaleng putih). Seiring dengan ikan ini, mereka juga dapat makan seafood lainnya seperti kepiting, ikan lele,  udang dan nila.

Sayur-sayuran

Tidak ada yang lebih sehat daripada sayuran segar, gelap, dan berdaun hijau. Sayuran ini kaya akan asam folat dan zat besi, yang keduanya sangat penting untuk

perkembangan otak bayi. Konsumsi sayuran berdaun hijau segar dan selama trimester pertama kehamilan sangat penting. Trimester pertama adalah saat ketika otak bayi dan saraf mulai berkembang. Berbagai sayuran seperti bayam, semua jenis selada, collard hijau, kale, arugula, hijau dandelion, sawi, Swiss chard, dll, memperkuat tabung saraf dan mencegah bayi yang belum lahir dari berbagai cacat lahir seperti spina bifida.

Seiring dengan asam folat, sayuran juga merupakan sumber yang kaya antioksidan, vitamin dan mineral. Akibatnya, ibu hamil perlu mengkonsumsi sayuran dalam bentuk segar dan mentah tersebut sebanyak mungkin. Mereka bisa mengkonsumsi sayuran dengan menyiapkan salad, di aduk tambah mayonaise, atau di sup.

Daging

Seiring dengan seafood, sumber makanan hewani lainnya seperti bagian daging tanpa lemak ayam, daging sapi kalkun, dan babi merupakan sumber yang kaya kalori, protein, dan seng. Ini adalah alasan mengapa daging adalah salah satu makanan penting selama kehamilan.

Menurut para ahli, wanita hamil harus mengkonsumsi setidaknya satu porsi daging tanpa lemak setiap hari. Daging seperti hati sapi juga merupakan sumber yang kaya atau kolin, yang merupakan nutrisi penting untuk perkembangan otak awal.

Namun, selalu dianjurkan untuk menjauh dari daging mentah, unggas mentah (kalkun atau ayam), deli, pate didinginkan, daging mentah, daging menyebar, dll, sebagai tindakan pencegahan untuk keracunan makanan selama kehamilan yang bisa berakibat fatal bagi Anda dan bayi.

Daging mentah dan matang juga harus benar-benar dihindari. Selalu membuat sebuah titik untuk makan daging yang dimasak dengan matang. Setelah matang, Anda dapat menikmati daging dalam berbagai bentuk.


Mengatasi Mual pada Masa Hamil Muda


Ibu hamil muda biasanya mengalami rasa mual pada pagi hari. Jika itu terjadi,  Anda sebaiknya menghindari makanan berlemak atau yang mengandung asam (sari jeruk).

Anda sebaiknya memilih makanan yang mengandung protein. Wanita hamil sebaiknya selalu menyediakan makanan bergizi seperti biskuit, keju dan buah-buahan sebagai cemilan.

Waktu makan yang paling penting bagi ibu hamil muda terutama pada trisemester kehamilan adalah  sarapan pagi. Karena rasa lesu menyerang Anda pada saat bangun pagi hal ini disebabkan karena kadar gula darah menurun. Energi yang Anda serap pada saat sarapan akan sangat berguna karena Anda akan melakukan  banyak kegiatan sepanjang hari.

Pantangan Makanan


Yang harus dihindari selama masa kehamilan, yaitu :

Makanan yang diawetkan yang biasanya mengandung pewarna dan pemanis buatan. Misal : makanan yang dikemas dalam kaleng.

Makanan ringan seperti keripik kentang dan minuman ringan bersoda seperti soft drink.

  • Daging dan makanan laut yang tidak diolah sempurna misalnya steik yang kurang matang karena mengandung banyak kuman yang bisa membahayakan kehamilan Anda.
  • Alkohol karena dapat membahayakan janin.
  • Merokok karena nikotin dapat menghalangi suplai darah ke plasenta.
  • Kafein yang banyak terdapat pada kopi dan cokelat. Kafein dapat meningkatan tekanan darah.
  • Hindari daerah yang berpolusi tinggi misalnya daerah yang terlalu banyak asap kendaraan. Karena pada asap kendaraan, asap rokok, dan beberapa jenis cat mengandung zat timah hitam yang bisa mengakibatkan cacat dan kematian pada bayi.
  • Terlalu banyak makan makanan yang mengandung penyedap rasa

Contoh Menu Sehat Ibu Hamil Muda


Dibawah ini kami sajikan contoh untuk menu sehat ibu hamil muda :

  • Pagi : jus buah, nasi goreng/roti bakar, telur mata sapi dan segelas susu

  • Siang : nasi, sayur bening, ikan bumbu kuning, tahu goreng, lalap dan sambal yang tidak terlalu pedas, dan buah jeruk.

  • Malam : nasi, bistik daging dan sayuran, bakwan jagung, selada buah dan segelas susu menjelang tidur.

Itulah makanan sehat ibu hamil muda, Selamat menikmati hari-hari membahagiakan menjelang kelahiran sang buah hati.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Makanan Baik Untuk Ibu Yang Hamil Muda
Ditulis oleh Debbie Laurencia
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://blogtipshidupsehat.blogspot.com/2013/01/makanan-baik-untuk-ibu-yang-hamil-muda.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Belajar SEO dan Blog - Original design by Bamz | Copyright of Gaya Hidup Sehat | Artikel dan Tips Kesehatan.