Pekerja Wanita Shift Malam Berisiko Kanker Payudara

Posted by Unknown 5.29.2012 0 komentar
Pekerja Wanita Shift Malam Berisiko Kanker Payudara
Pekerja Wanita Shift Malam Berisiko Kanker Payudara - Apakah Anda termasuk pekerja yang menjalani shift malam atau kebiasaan begadang? Jika Anda wanita dan biasa melakukan kegiatan tersebut, sebaiknya mulai kini berhati-hati.

Para ilmuwan memperingatkan bahwa wanita yang bekerja shift malam memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara.

Penelitian terbaru Danish Cancer Society terhadap 18.500 wanita yang bekerja sebagai tentara di Denmark dari tahun 1964-1999 dan dipublikasikan dalam  journal Occupational and Environmental Medicine menunjukkan, bekerja di malam hari meningkatkan risiko penyakit hingga 40 persen.

Bahkan, wanita yang bekerja lebih dari dua malam dalam seminggu selama enam tahun memiliki risiko dua kali lipat dibandingkan wanita yang bekerja di pagi hari.

Peneliti menjelaskan bahwa kerja shift malam tidak hanya mengganggu ritme sirkadian (jam tubuh) dan mengakibatkan kurangnya tidur. Namun, kebiasaan tersebut juga menekan produksi hormon melatonin (yang diproduksi oleh kelenjar  pineal di otak antara jam 9 malam hingga 8 pagi) dan proses metabolisme dan fisiologisnya.

Melatonin merupakan hormon yang mengatur pola tidur dan membantu menekan tumor. Penelitian menunjukkan bahwa tingkat hormon melatonin yang rendah dapat meningkatkan pertumbuhan tumor.

Hingga kini, hasil temuan ini masih diperdebatkan sejumlah peneliti. "Mungkin bekerja shift malam menjadi salah satu penyebabnya. Semua wanita harus mengurangi alkohol, mendapatkan aktivitas fisik secara teratur dan menjaga pola makan sehat untuk mengurangi risiko kanker payudara," papar Dr Rachel Greig dari lembaga amal Breakthrough Breast Cancer, dilansir melalui Dailymail (29/5).
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Pekerja Wanita Shift Malam Berisiko Kanker Payudara
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://blogtipshidupsehat.blogspot.com/2012/05/pekerja-wanita-shift-malam-berisiko.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Belajar SEO dan Blog - Original design by Bamz | Copyright of Gaya Hidup Sehat | Artikel dan Tips Kesehatan.