Bahan Makanan Sehat & Variasi Penyajiannya

Posted by Unknown 5.24.2012 0 komentar
Bahan Makanan Sehat & Variasi Penyajiannya
Manusia butuh makanan untuk bisa beraktivitas maksimal. Beberapa makanan sehat dan pengolahan tepat akan menjadikannya nikmat disantap.

Bisa dikatakan, tidak semua makanan kaya gizi sehingga kita harus cerdas memilihnya. Berikut lima makanan kaya gizi dan cara penyajian terbaiknya, seperti dilansir Reader Digest:

Bahan Makanan Sehat & Variasi Penyajiannya

Ikan

Pilihlah ikan berkualitas tinggi, yaitu berkadar lemak jenuh dan rendah kolesterol. Hindari varietas ikan laut dalam, seperti ikan todak, ikan raja, dan sebagainya.

Dalam mengonsumsi ikan, variasikan dengan ikan salmon, sarden, makarel, dan tuna yang mengandung kadar asam lemak omega-3. Namun, ada baiknya tidak mengonsumsi jenis ikan ini setiap hari.

Anda juga bisa memvariasikan konsumsi ikan dengan kerang karena meskipun berkadar kolesterol tinggi, jenis kolesterol pada kerang tidak terkait dengan kesehatan jantung.

Kacang-kacangan

Kacang merupakan sumber makanan kaya protein nabati. Bahan makanan ini juga padat nutrisi, rendah kalori, dan mengandung kadar serat yang mudah larut dalam tubuh. Banyak metode pengolahan kacang-kacangan, dari yang termudah dengan direbus hingga dicampurkan ke dalam berbagai santapan.

Ubi jalar


Bila melihat jeruk, kita akan terbayang dengan nutrisinya, seperti betakaroten, yang menghasilkan antioksidan vitamin A. Ubi jalar juga kaya nutrisi tersebut, selain juga kandungan vitamin C dan B6, bahkan kadar seratnya cukup tinggi. Anda bisa mengolahnya dengan cara dikukus.

Oatmeal

Banyak kajian menemukan bahwa orang yang makan oatmeal secara teratur akan terjaga berat badannya dalam angka normal dan meningkatkan kadar kolesterol sehat dalam tubuh. Alasannya, oatmeal menyediakan kadar serat, protein, serta magnesium tinggi.

Untuk mengonsumsinya, campurkan setengah gelas oatmeal, tuangkan air, lalu masak dengan microwave selama satu menit. Sebagai variasi rasa, tambahkan blueberri ataupun kismis.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Bahan Makanan Sehat & Variasi Penyajiannya
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://blogtipshidupsehat.blogspot.com/2012/05/bahan-makanan-sehat-variasi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Belajar SEO dan Blog - Original design by Bamz | Copyright of Gaya Hidup Sehat | Artikel dan Tips Kesehatan.