Cara Menghilangkan Nyamuk

Posted by Debbie Laurencia 2.18.2013 5 komentar
Cara Menghilangkan Nyamuk
Tips kali ini masih dalam suasana musim hujan. Sebab, suhu panas dan kelembaban melonjak, nyamuk kerap keluar dari rerumputan, semak-semak, genangan air, dan tempat-tempat lembab lainnya.

Nyamuk di rumah seringkali menjadi masalah. Selain nyamuk yang sering berkeliaran di malam hari, nyamuk yang terlihat di siang hari sering kali lebih menakutkan karena bisa jadi nyamuk siang tersebut adalah nyamuk yang dapat menularkan demam berdarah. Akan tetapi ini bukan berarti anda atau orang-orang yang anda cintai menjadi menu prasmanan nyamuk.

Berikut adalah 10 tips sederhana Cara Menghilangkan Nyamuk dari rumah Anda.
Cara Menghilangkan Nyamuk

1. Deet Repellent

Deet repellent adalah obat standar pembasmi serangga. Bukan hanya nyamuk, obat ini juga efektif membasmi serangga lainnya. Deet Repellent sudah tersedia di toko-toko kelontong dan toko-toko obat.

Obat serangga yang satu ini mengandung N-dietil-meta-toluamide yang merupakan senyawa kimia yang dirancang untuk mengusir berbagai jenis serangga. Namun tak benar-benar membunuh mereka.

Deet repellent terbukti aman digunakan pada manusia, bahkan anak-anak. Asalkan, anda mengikuti petunjuk penggunaan pada labelnya.

2. Citronella

Citronella atau minyak sereh menjadi ramuan yang ampuh mengusir nyamuk dan telah terbukti selama beberapa dekade. Citronella masih menjadi salah satu yang paling efektif. Biasanya citronella digunakan dalam bentuk lilin atau obor minyak.

Minyak sereh telah terbukti efektif menjaga diri dari serangan serangga terbang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa serangga sangat tidak suka dengan bau sereh.

Namun, bau sereh memang terkadang tidak disukai juga oleh manusia. Jadi, setidaknya anda bisa menyalakan lilin citronella agar serangga seperti nyamuk tak menghampiri anda.

3. Pakaian berwarna cerah

Jangan heran jika anda selalu merasa gatal karena gigitan nyamuk saat anda mengenakan pakaian berwarna hitam. Itu karena nyamuk menyukai warna gelap sebab gelap merupakan tempat mereka menemukan kelembaban dan membibitkan telurnya.

Sebaiknya, anda mengenakan pakaian berwarna cerah pada malam hari, misalnya putih. Ini bisa membantu menjauhkan anda dari nyamuk. Beberapa orang mengatakan memakai pakaian berlengan panjang atau celana panjang juga ikut membantu menjauhkan nyamuk. Ini juga ide yang baik.

4. Tutup saluran air terbuka

Nyamuk paling membutuhkan genangan air untuk bertelur. Ini berarti anda harus mengurangi genangan air terbuka di sekitar rumah anda. Apakah iin berarti anda harus menyingkirkan kolam di depan rumah anda? Tidak juga.

Anda bisa mengisi kolam itu dengan ikan-ikan yang cantik. Sebab, ikan-ikan itu yang akan memakan telur-telur nyamuk dan memutus siklus hidup nyamuk untuk berkembang biar. Kolam renang tidak begitu masalah ada di sebuah rumah sepanjang bersih.

Sebab, sudah sifatnya nyamuk yang menyukai lingkungan-lingkungan kotor, mereka biasanya bertelur di genangan dan kolam air yang kotor. Sebaiknya, anda menutup ember yang berisi air, atau menutup kandang hewan peliharaan dengan mantel di malam hari, seperti kandang burung. Sebab, kandang burung yang lembab, misalnya tempat minum burung, adalah tempat yang nyaman bagi burung untuk bertelur.

5. Wewangian kosmetik

Hal-hal seperti parfum, body lotion, semprotan rambut, deodoran, dan sejenisnya dapat menarik nyamuk yang punya indra penciuman sangat tajam. Mereka akan menghampiri bau-bau manis dari wewangian kosmetik tadi.

Jadi, ketika anda berencana untuk berada di luar rumah, lebih baik untuk memilih kosmetik yang baunya tidak disukai nyamuk. Misalnya yang beraroma jeruk, lavender, atau rempah-rempah. Baunya wangi untuk anda, tapi nyamuk membencinya.

6. Kipas angin

Nyamuk itu terbang, namun jika terlalu berangin, maka mereka biasanya memilih untuk pergi. Kipas angin di sekitar anda merupakan pilihan yang bagus untuk mengusir nyamuk.

Saat tidur, tak ada salahnya anda menyalakan kipas angin dengan sedikit menengadah ke atas untuk meniup nyamuk yang bermaksud terbang dan mendarat di kulit anda.

7. Cairan semprot

Cairan semprot yag merupakan kombinasi dari bir, obat kumur antibakteri, dan garam, kabarnya efektif mengusir nyamuk. Namun, sejauh ini kombinasi ini masih menjadi kontroversi.

Ini merupakan cairan pengusir nyamuk buatan sendiri. Di luar negeri, ini menjadi satu alternatif yang lebih aman dibandingkan semprotan kimia pestisida.

8. Vanili

Vanili yang diekstrak secara murni biasa dijual di Meksiko. Ada yang bilang, anda bisa mencampurkan air hasil ekstrak daun vanili dan menyemprotkannya ke beberapa titik denyutnadi tubuh anda.

Misalnya di pergelangan tangan, di urat-urat leher, atau di badan kaki. Atau, anda bisa mengoleskannya ke seluruh bagian tangan dan kaki anda.
Cara Menghilangkan Nyamuk

9. Bawang putih

Bawang putih juga disebut-sebut sebagai musuh besar nyamuk. Sebagian besar orang merekomendasikan untuk makan bawang putih atau cengkeh setiap hari akan mengusir nyamuk dari misinya mendekati anda.

Beberapa orang lainnya mengatakan bahwa menggosokkan bawang putih pada kulit juga efektif mengusir nyamuk. Namun, satu hal yang pasti adalah bawang putih baik untuk kesehatan jantung anda.

10. Lotion antinyamuk

Body lotion yang berfungsi untuk mengusir nyamuk sudah banyak dijual di toko saat ini. Mereka juga memunyai banyak pilihan. Namun, lotion antinyamuk ini adalah produk yang mengandung senyawa kimia. Akan lebih baik jika anda mengusir nyamuk dengan sembilan cara alami sebelumnya.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Menghilangkan Nyamuk
Ditulis oleh Debbie Laurencia
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://blogtipshidupsehat.blogspot.com/2013/02/cara-menghilangkan-nyamuk.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Belajar SEO dan Blog - Original design by Bamz | Copyright of Gaya Hidup Sehat | Artikel dan Tips Kesehatan.