Tubuh Lambat Tumbuh Bikin Panjang Usia

Posted by Unknown 12.14.2012 0 komentar
Tubuh Lambat Tumbuh Bikin Panjang Usia
Peneliti dari Glasgow University menemukan hubungan antara kecepatan tumbuh dan usia seseorang. Semakin lambat tumbuh, usia seseorang semakin panjang.

Tim peneliti dari Glasgow University melihat pola pertumbuhan ikan stickleback. Mereka menemukan umur dipengaruhi oleh tingkat perpanjangan tubuh pada usia dini. Tubuh yang tumbuh secara cepat akan mengakumulasi kerusakan jaringan yang lebih besar. Hasil yang terjadi adalah perpendekan usia.

Dalam penelitiannya, tim mengubah tingkat pertumbuhan 240 ikan dengan memaparkan cuaca hangat atau dingin. Ini membuat ikan mengalami pertumbuhan di depan atau di belakang jadwal normal.

Peneliti menemukan pertumbuhan ikan kembali ke jadwal normal ketika temperatur lingkungan dikembalikan ke situasi normal. Namun, perubahan dalam pertumbuhan badan mempengaruhi rata-rata usia mereka.

Ikan yang lebih lambat tumbuh hidup 30 persen lebih lama ketimbang ikan yang rata-rata usianya dua tahun. Usia mereka hampir mencapai seribu hari. Sementara ikan yang tumbuhnya cepat mempunyai usia 15 persen lebih pendek dibanding usia normal.

Profesor Neil Metcalfe, dari Institute of Biodiversity, Animal Health and Comparative Medicine Glasgow University mengatakan hasil yang mencolok ini terjadi meskipun semua ikan mencapai ukuran yang sama saat dewasa.

"Hasil studi ini mencolok. Ini menunjukan bahwa tubuh yang tumbuh dengan cepat mengakumulasi kerusakan jaringan yang lebih besar dibanding tubuh yang tumbuh secara lebih lambat, dan usianya secara substansial menurun," kata Neil sebagaimana dilansir dari situs Daily Mail, Kamis 13 Desember 2012.

"Temuan ini kemungkinan terjadi pada banyak spesies, termasuk manusia, karena sifat pertumbuhan organ dan jaringan juga usia adalah mirip dari berbagai jenis hewan yang berbeda-beda," lanjut Neil.

Dia juga mengatakan penelitian pada manusia, sebagai contoh, telah mendokumentasikan bahwa pertumbuhan yang cepat di usia dini dikaitkan dengan risiko yang lebih besar tumbuhnya penyakit di usia selanjutnya. Penyakit tersebut di antaranya kardiovaskuler pada usia baya atau lansia.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tubuh Lambat Tumbuh Bikin Panjang Usia
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://blogtipshidupsehat.blogspot.com/2012/12/peneliti-dari-glasgow-university.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Belajar SEO dan Blog - Original design by Bamz | Copyright of Gaya Hidup Sehat | Artikel dan Tips Kesehatan.