Behel Gigi untuk Gaya Justru Jadi Bahaya

Posted by Unknown 10.29.2012 0 komentar
Behel Gigi untuk Gaya Justru Jadi Bahaya
Maunya gaya-gayaan, tapi justru bikin bahaya. Itulah gambaran buat orang yang punya gigi teratur, tapi mau tampil trendi dengan mamasang kawat gigi. Bukannya bikin penampilan makin oke, justru bikin gigi makin rusak. Ternyata perawatan pemakaian kawat gigi tidak sesederhana yang dibayangkan banyak orang.

Bahkan, saking inginnya tampil kece, kawat dipasang begitu saja tanpa menggeser gigi. "Itu memang tidak membahayakan, sekedar kawat melintang. Tapi pemasangan kawat seperti itu harus diperhatikan jangan sampai merusak gigi atau gusi di sekitar pemasangannya. Karena kawat gigi itu ada kawatnya yang tajam,"

Pemakai kawat gigi akan merasakan sakit, terutama untuk pasien dengan kasus gigi rusak. "Pada bulan-bulan awal pemasangan behel, gigi terasa sakit banget, gusi berdarah, pipi bagian dalam juga bengkak-bengkak dan sariawan karena gesekan dengan kawat,"

Perawatan gigi tidak teratur dengan behel adalah perawatan jangka panjang. Durasi waktunya bisa mencapai sekitar dua tahun. Bisa lebih, bisa juga kurang, sesuai dengan kasusnya. Bila memang harus mengenakan kawat gigi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Di bawah ini adalah saran dari Drg Irwin Lesmono:

Pasanglah behel di dokter gigi spesialis orthodenti (kawat gigi). Sebab, tidak semua dokter gigi paham prosedur pemasangan kawat gigi.

Kontrol secara teratur sesuai saran dokter. Terlalu sering kontrol di luar jadwal yang disarankan juga tidak bagus. Selain membuat gigi gampang goyang, terlalu sering kontrol tidak bagus buat gusi. Sebab, sel-sel gusi perlu waktu untuk tumbuh.

Rajin membersihkan gigi. Adanya kawat gigi membuat sisa makanan gampang menempel di sela kawat dan gusi. Cara yang sederhananya adalah rajin berkumur dengan air putih usai makan.

Jika memang memungkinkan, bersihkan gigi dengan sikat gigi. Namun, jangan langsung menyikat,. Tunggu sekitar 15 menit usai makan. Sebab, setelah makan, mulut jadi asam. Mineral-mineral yang ada di gigi dalam keadaan dirusak oleh asam. Kalau langsung sikat, justru menambah kerusakannya. Tunggulah minimal 15 menit supaya saliva atau air liur menetralisir asam terlebih dahulu.

Jangan makan yang keras-keras dan jangan makan makanan dengan ukuran yang besar. Bila makan apel, jangan langsung gigit besar, tapi potong-potong jadi ukuran kecil-kecil.

Hindari makan permen karet yang akan merepotkan untuk membersihkannya bila menempel di sela kawat.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Behel Gigi untuk Gaya Justru Jadi Bahaya
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://blogtipshidupsehat.blogspot.com/2012/10/behel-gigi-untuk-gaya-justru-jadi-bahaya.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Belajar SEO dan Blog - Original design by Bamz | Copyright of Gaya Hidup Sehat | Artikel dan Tips Kesehatan.